Jl. Tangen-Galeh Km8, No.16, RT09/RW02, Ngrombo, Tangen, Sragen 57261

Call Center toll free 007-8030-160007 telp : +62271 6881635 mediasolusi.adv@gmail.com

Pakaian dan Islam 1

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Hai anak-cucu Adam, sungguh Kami telah menurunkan untuk kamu pakaian yang dapat menutupi aurat-auratmu dan untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf: 26).

Dalam kehidupan keseharian kita tentu tidak lepas dari yang namanya pakaian, tentu kita akan selalu memakai pakaian, untuk itu kita kali ini akan mencoba mencari makna akan pakaian, dengan mendalami secara radikal.

Sejak manusia di turunkan manusia telah mengenal pakaian, yang secara harfiah kita gunakan sebagai penutup badan kita, terutama untuk bagian tertentu dari tubuh kita. untuk lebih mendalaminya maka pertanyaan yang pertama harus kita coba jawab adalah mengapa ada hasrat untuk memakai pakaian dalam diri manusia?

jika di tinjau dari islam yang di turunkan dalam surah al a’raf 26 dapat kita ambil makna bahwa pakaian atau sandang pada dasarnya ketika kita melihat kata “أَنْزَلْنَا” maka kita dapat melihat bahwa pakaian ini di turunkan dari sisi tuhan, Allah, hal ini juga semakna jika kita melihat pada “alkitab kitab kejadian 3:21″ bahwa Tuhan membuatkan pakaian dari kulit binantang untuk manusia dan untuk istrinya itu, lalau mengenakanya kepada mereka”. dari sini kita dapat melihat bahwa pakaian itu di turunkan oleh tuhan untuk manusia secara langsung, tetapi dapat kita pahami bahwa turun di sini dapat di artikan turun secara realitas maupun secara ilham dan wahyu.

dari sini dapat di lihat bahwa pada dasarnya pakaian ini bukan buatan manusia maupun hasil pemikiran manusia untuk memakai pakaian, ia merupakan perintah atau sesuatu yang di turunkan dari sisi tuhan. (bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *