Jl. Tangen-Galeh Km8, No.16, RT09/RW02, Ngrombo, Tangen, Sragen 57261

Call Center toll free 007-8030-160007 telp : +62271 6881635 mediasolusi.adv@gmail.com

Sejarah dan Arah Baru Sandang (Pakaian)

Sejarah Sandang wikipedia
perkembangan pakaian (adam malik)
perkembangan pakaian (adam malik)

Tidak tahu secara pasti sejak kapan manusia mulai menggunakan penutup badan, hanya saja sejak manusia memiliki kebudayaan maka secara berangsur kreatifitas akan sandang terus berubah. sejak pertama kali pakaian ada memiliki nilai fungsi dan nilai estetika di samping memiliki nilai spiritualitas. manusia tak mampu lagi memecahkan antara nilai fungsi dan nilai spiritualitas dari manakah sandang ini lahir.

tetapi jika kita melihat dari perkembangan kebudayaan manusia, maka setiap kebudayaan melahirkan macam dan jenis sandang yang beragam. dari sini kita sudah dapat melihat bahwa perkembangan sandang lebih di picu karena kebudayaan yang tercipta oleh manusianya. kita dapat melacak perkembangan dan perubahan sandang melalui kebudayaan yang telah membentuk sejarah manusia hingga saat ini.

pada masa kebudayaan awal manusia di mana manusia masih berburu dan meramu, maka aspek fungsionalitas pakaian merupakan faktor utama yang mempengaruhinya. dominanya faktor fungsionalitas sandang karena pada awal kebudayaan ini manusia tidak begitu memiliki strata sosial yang kompleks, sehingga fungsionalitas sandang atau pakaian menjadi faktor yang mempengaruhi pemilihan sandang, sehingga sandang pada era ini adalah sandang yang memiliki fleksibilitas tinggi.

Sandang pakaian masa berburu dan meramu
Sandang pakaian masa berburu dan meramu

Pada masa awal kebudayaan ini sandang atau pakaian biasanya di dominasi dari bahan kulit binatang hasil buruan, hal ini di nilai sudah mencukupi nilai fungsionalitasnya pada zaman tersebut. jika di lihat dari faktor fungsionalitas nya maka pakaian harus memenuhi beberapa faktor berikut :

  1. Melindungi tubuh dari cuaca alam;
  2. melindungi tubuh dari ancaman hewan di sekitar;
  3. Melindungi organ vital manusia;
  4. Cukup Fleksibel ketika di gunakan untuk berburu dan meramu;

dari point-poin di atas maka dapat di lihat sekali lagi dari sisi spiritualitas, jika melihat dari design pakaian maka pertanyaan yang muncul adalah mengapa hanya bagian alat vital bagian bawah saja yang di tutupi, maka akan muncul beberapa kemungkinan jawaban itu, salah satunya merupakan alasan spiritualitas manusia. perintah tuhan” adalah jawaban yang akan muncul atas pertanyaan tentang fungsi spiritualitas pada sandang ini”.

maka dengan demikian kesimpulan pertama akan sandang ini merupakan faktor spiritualitas manusia yang mampu menjawab dengan fundamental akan kehadiran sandang dalam kehidupan manusia. (bersambung)

artikel oleh (adam malik 21-09-2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *